Assalaamualaikum akhi/ukhti fillah ......

Selamat datang di blog imacantik ....

assalaamualaikum

Minggu, 16 Desember 2012

Dauroh ini menempa semangatku




Setelah melepas dari dauroh yang tahap pertama, aku melanjutkan ke dauroh tahap 2 (dauroh marhalah 2) KAMMI. Pertengahan November 2012, bertepatan dengan 01 Muharram 1434 dan bertepatan dengan peristiwa perang di Gaza (Palestina di Rudal Israel). Pelatihan ini tidak yang seperti aku sangkakan. Begitu disiplin. Saking disiplinnya, tak ada waktu untuk cekikikan, bernafas dan santai sejenak. Waktu ini terpakai (dimanfaatkan) untuk hal-hal yang bermanfaat kebaikan, tidak ada sedetik-pun di habiskan untuk kesia-siaan.

       Hari pertama, aku di hadapkan dengan pemimpin luar biasa dengan percikan bara semangat yaitu pemimpin KAMMI pusat, ustadz Ilyas. Pembukaan DM 2 dengan tema "Peran Pemuda dan OKP dalam Mengemban tugas Kepahlawanan". Lagi-lagi kenapa tema-nya PEMUDA? bisa kita melihat sejarah :

1928 : Sumpah Pemuda
1966 : Konsolidasi peran Pemuda
1972 : Pemuda Berfikir Politik
1998 : Pemuda memberikan kontribus nyata
2000 sampai sekaran : DIMANA POSISI PEMUDA??
Setiap ada perubahan maka di sanalah ada PEMUDA. Kita sebagai pemuda di minta aksi nyata. Sifat kepahlawanan diantaranya :
1. Mempunyai kepedulian
Penyakit terbesar pemuda masa kini adalah tidak ada kepedulian terhadap bangsa. Bahkan ada segelintir pemuda yang "tidak mencintai bangsa dan tanah air"-nya, bahkan ingin membubarkan NKRI. Astagfirullah..  Barangsiap yang tidak peduli urusan orang beriman, maka bukanlah orang beriman.
2. Memiliki rasa tanggung jawab
Jika ada orang-orang menyebarkan kezaliman, kemaksiatan, kita sebagai pemuda bertanggung jawab MEMBERANTAS (memerangi-nya). Sebagai pemuda Muslim, kita tidak rela (benci) dengan kemungkaran
3. Memiliki cita-cita besar
Pemuda memiliki kontrol/mengawasi pemerintah dan mempunyai kemandirian. (Hindari mencerca pemerintah dan mengumbar aib, karena tuga kita sebagai pemuda muslim bukan "mengghibah pemerintah", namun mengawasi/kontrol sosial.

Zaman bertukar dan pemuda-pun berganti semangat. Jika dahulu Pemuda selalu dengan slogan dan teriakannya yang menggema "MERDEKA!!!!!". Tetapi, tekad tersebut sudah hilang di kalangan pemuda. Masak 17 Agustus HANYA di peringati dengan Konser dangdut? dimana peran pemuda sebagai agen perubahan? apa kontribusi? merubah apanya? Hendaknya pemuda zaman sekarang perlu menyebar kesemua lini (segmen-segmen). Harapan besar ini di pundak Pemuda! Hari ini tidak bisa membedakan yang mana musuh (tidak terlihat oleh mata).
 Penyakit pemuda zaman sekarang :
-- Pragmatisme Politik (terkotak-kotak) karena kepentingan politik.
-- korupsi merajalela
-- Hedonisme =>>bermewah-mewahan.

Penyakit aktivis
pertama, takut bermimpi besar (karena, takut tidak bisa mewujudkan dan takut mimpi jadi kenyataan)
kedua, tidak siap mental untuk memperluas pergaulan/ekslusif.

FGD berjalan sampai larut malam. Sehingga, tak terasa selesai FGD (Forum Grup Diskusi) mata ini belum mau terpejam karena masih ingin melanjutkan membaca Al-qur'an serta tugas baca yang sempat tertunda. Jam terus melanjutkan detak-detiknya, namun mata ini tetap tidak mau terpejam karena larut melahap kata demi kata Hasan Al-Banna :) 
Selain mengidolakan Rasulullah, aku juga mengidolakan Syahid Imam Hasan Al-Banna, dengan dakwah-dakwah beliau.. Kutipan favoritku ,"Dengarlah wahai saudaraku! Dakwah kami adalah dakwah yang hanya dapat di lukiskan secara integral oleh kata 'Islamiyah'. Kata (Islamiyah) ini mempunyai makna yang sangat luas, tidak sebagaimana yang difahami secara sempit oleh sebagian orang."
Kepada para pemuda
yang merindukan lahirnya kejayaan
Kepada umat yang tengah
kebingungan  di persimpangan jalan
Kepada pewaris peradaban yang kaya raya,
yang telah menggoreskan catatan membanggakan
di lembar sejarah umat manusia
 Di ujung malamku, segera ku ambil buku catatanku dan menuliskan
 Tugas besar kita :
* Mengambil keputusan serius
* Mencari potensi terbesar kita, apa?
* Solusi apa yang mampu kita berikan untuk negara ini?
* Istikharah dan update kapasitas.
 
Kesimpulannya : sebagai seorang pemuda, hendaknya menjadikan sifat pahlawan yang Berani, Tegas, Disiplin, Memiliki integrasi serta motivasi yang kuat dan masuk ke seluruh sektor kehidupan :)

=>> bersambung ....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ima cantik